Senin, 05 November 2018

Hubungan antara Perangkat Keras dengan Perangkat Lunak

Selasa, 6 November 2018

Hubungan antara Perangkat Keras dengan Perangkat Lunak

     Hallo guys apa kabar kalian semuanya,, semoga tetap dalam lindungan-Nya dan selalu mendapat kenikmatan dari-Nya. Aamiin,,
     Sehubungan dengan ini mari kita simak bacaan berikut ini semoga di beri kelancaran dalam pembahasan materi kali ini dan semoga bermanfaat yaa
     Saya disini akan sesikit menjelaskan tentang Hubungan antara Perangkat Keras dengan Perangkat Lunak yaa, menurut saya pengertian dari komputer sendiri itu adalah suatu perangkat media yang banyak dipakai oleh seseorang untuk mempermudah pekerjaan atau mengolah sesuatu. Di sini di jelaskan bahwa komputer itu dibagi menjadi tiga bagian, yaitu Hardware, Software, dan Brainware.
1. Hardware ( Perangkat Keras ) adalah suatu komponen yang terdapat pada komputer yang dapat dilihat secara langsung dan dapat di sentuh. Contohnya : monitor
2. Software ( Perangkat Lunak ) adalah suatu komponen yang tidak dapat dilihat secara langsung tapi ada dalam komputer tersebut. Contohnya : microsoft office
3. Brainware ( Perangkat Manusia ) adalah orang yang menjalankan komputer tersebut.
     Hardware ( Perangkat Keras ) digunakan untuk mengatur suatu Software ( Perangkat Lunak ), jika tidak ada dari salah satu maka tidak bisa di atur. Sistem Perangkat Keras Komputer di bagi menjadi 5 bagian yaitu : 
1. Alat Masukan merupakan alat yang digunakan untuk menerima masukan data atau program.
2. Alat Pemroses digunakan untuk memproses data yang digunakan lewat alat masukan.
3. Alat Keluaran ini bisa berupa hard copy drive dan soft copy drive.
4. Alat Simpanan Luar yaitu eksternal memory ( terletak di luar alat prosesnya ).
5. Hubungan antar komponen- komponen Perangkat Keras itu saling berkaitan satu sama lain.
Sedangkan Sistem Perangkat Lunak itu di bagi menjadi beberapa bagian yaitu : 
1. Perangkat Lunak Sistem merupakan perangkat lunak yang mengoperasikan sistem komputernya
2. Perangkat Lunak Aplikasi merupakan program yang ditulis dan diterjemahkan untuk menyelesaikan aplikasi tertentu
3. Sistem Operasi (OS) yaitu untuk mengendalikan dan mengkoordinasi kegiatan operasi dari sistem operasi
4. Bahasa Pemrograman yaitu untuk menerjemahkan apa yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke bahasa mesin agar di terima di komputer
5. Program Bantu ( utility ) merupakan suatu alat bantu
     Nah dari pemaparan materi di atas dapat disimpulkan bahwa hubungan antara perangkat keras dengan perangkat lunak komputer itu saling berkaitan satu sama lain, jika salah satu dari perangkat itu tidak digunakan maka proses penggunaan komputer tidak akan berjalan dengan baik dan sempura sesuai yang di inginkan.
     Perangkat Keras Komputer tanpa adanya Perangkat Lunak Komputer hanyalah sebuah mesin yang tidak berguna. Karena kedua Perangkat itu akan saling melengkapai jika di gunakan untuk menjalankan suatu komputer agar berjalan dengan semestinya.
     Demikian itu sedikit pemaparan materi dari saya tentang Hubungan Perangkat Keras dengan Perangkat Lunak Komputer. Cukup sampai disini dulu yaa, dan jangan lupa saran beserta kritiknya, ditunggu yaa..

6 komentar:

  1. Jelaskan problem" sistem informasi hubungan antara Perangkat Keras dengan Perangkat Lunak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang saya ketahui itu ada 10 problem yang harus kita ketahui.

      Hapus
  2. 1. Komputer mati sendiri. Ini biasanya terjadi karena processor yang terlalu panas
    2. Mengeluarkan bunyi beep. Ini terjadi karena kesalahan pada salah satu hardware yang terpasang pada komputer
    3. Cpu menyala tapi monitor tidak menampilkan apapun. Ini terjadi akibat RAM yang tidak terdeteksi sempurna
    4. Komputer mati total. Berhubungan dengan arus listrik
    5. Komputer sering HANG. Di sebabkan oleh tingginya data tanpa mengimbangi kemampuan processor
    6. Blue screen. Disebabkan kesalahan pada perangkat kerasnya atau oleh virus
    7. Browser home page, default seacrh engine, dan default browser berubah. Ketika kita menginstal aplikasi secara sadar maupun tidak sadar
    8. Tidak bisa terhubung dengan jaringan. Disebabkan oleh tidak adanya kartu jaringan atau NIC pada komputer tersebut
    9. Komputer bisa menyala tapi tidak bisa masuk ke sistem operasi. Disebabkan oleh dua hal yaitu hardware dan software
    10. Tidak bisa online di internet. Disebabkan karena tidak adanya koneksi internet

    BalasHapus
  3. SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)
    INSTITUT PESANTREN SUNAN DRAJAT (INSUD)

    Hari/Tanggal : Selasa / 13 November 2018
    Jurusan/Semester : Manajemen Pendidikan Islam/ V B
    Mata Kuliah : Sistem Informasi Manajemen Pendidikan
    Dosen Pengampu : Muhammad Haris, M.Pd.I

    1. Bagaimana pemahaman Anda terhadap mata kuliah Sistem Informasi
    Manajemen Pendidikan?
    2. Jika Anda sebagai pimpinan lembaga, kepala atau jabatan tertinggi
    lainnya, bagaimana implementasi dan evaluasi yang akan Anda
    lakukan sesuai materi perkuliahan yang Anda pilih?

    BalasHapus
  4. 1. Menurut pengetahuan saya, sistem sendiri itu memiliki arti perpaduan beberapa fungsi dan komponen dalam organisasi untuk mencapai tujuan yang di inginkan. Sedangkan informasi yaitu suatu kumpulan pesan. Salanjutnya manajemen adalah suatu bentuk pengelolaan pekerjaan melalui orang lain. Maksudnya adalah bahwa seorang manajer itu bertugas untuk mengarahkan serta mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.
    Dari definisi diatas dapat disimpulkan bahwa sistem informasi manajemen adalah suatu sistem yang disusun untuk menyediakan informasi untuk mendukung pengambilan suatu keputusan pada kegiatan manajemen yakni perencanaan,pengorganisasian,pelaksanaan,dan pengawasan dalam suatu organisasi.
    Sistem informasi manajemen pendidikan adalah perpaduan antara sumber daya manusia dan aplikasi teknologi informasi untuk memilih, menyimpan, mengolah dan mengambil kembali data dalam rangka mendukung kembali proses pengambilan keputusan dalam bidang pendidikan.
    Yang melingkupi sistem informasi manajemen pendidikan adalah sebagai berikut :
    1. Koneksi dan setting, yakni berupa identitas sekolah, perubahan kurikulum
    2. Pengelolaan kesiswaan yakni biodata siswa, beasiswa, prestasi, mutasi siswa, dan data alumni.
    3. Pengelolaan akademik yakni laporan nilai hasil ujian, data absensi, penjadwalan.
    4. Pengelolaan guru dan karyawan yakni data keluarga, riwayat pendidikan.
    5. Pengelolaan keuangan yakni biaya pendidikan, biaya tambahan.
    6. Pengelolaan perpustakaan yakni pengelolaan buku, jurnal keluar masuk buku.
    7. Pelaporan yakni pelaporan siswa, pelaporan guru atau pegawai.
    8. Bank soal yakni penyimpanan soal, pencarian dan pencetakan.
    Tujuan adanya sistem informasi manajemen pendisikan adalah bisa memberikan sarana agar seluruh bagian yang berperan dalam dunia pendidikan dapat berperan aktif dalam usaha memejukan pendidikan. Kemudian meningkatkan pengetahuan guru dan murid tentang dunia pendidikan serta manfaat yang dapat di ambil melalui beberapa pelatihan kusus. Bisa memberikan aksea informasi dengan mudah dan lengkap bagi pendidik dan siswa mengenai ilmu pengetahuan.
    Pada dasarnya perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan itu merupakan kegiatan manajerial untuk proses pengambilan suatu keputusan. Informasi sangat dibutuhkan dalam hal tersebut. Informasi itu bentuk suatu kesatuan dalam organisasi.
    Adapun kegiatan yang dapat dilakukan dalam mengembangkan sistem informasi manajemen yakni perencanaan, implementasi, dan penilaian. Perencanaan siatem informasi manajemen adalah penetapan laporan laporan yang di perlukan. Sedangkan implementasi itu mencakup kegiatan kegiatan penyediaan fasilitas yang diperlukan, penyiapan dan pelatihan tenaga. Selanjutnya penilaian yaitu menetapkan suatu keberhasilan sistem informasi manajemen untuk mencapai tujuan.
    Bisa di bilang penerapan sistem informasi manajemen pendidikan ditujukan untuk membantu memudahkan dalam pengelolaan data dan informasi yang bersangkutan dengan lembaga pendisikan. Meliputi penerimaan siswa baru.
    Dengan kita mempelajari sistem informasi manajemen pendidikan ini kita akan mengetahui bagaimana cara mengelola informasi pendidikan dengan baik dan valid supaya hasilnya seperti yang di inginkan. Juga bisa mempermudah kuta untuk menjalankan tugas dan rencana untuk mencapai tujuan yang di harapkan dalam suatu pendidikan.
    Jadi intinya sangat penting bagi kita untuk mempelajari mata kuliah sistem informasi manajemen pendidikan itu.

    BalasHapus
  5. 2. Jika saya menjadi kepala sekolah hal pertama yang akan saya lakukan adalah bagaimana caranya supaya lembaga pendidikan yang saya kelola ini bisa menjadi unggul, menjadi lebih baik dan maju dalam segala halnya. Saya akan mencari informasi sebanyak banyaknya mengenai dunia pendidikan.
    Implementasi dan evaluasi yang saya lakukan adalah mencatat semua fasilitas yang masih kurang dalam lembaga pendidikan. Karena kurangnya fasilitas dalam pendidikan itu bisa menghambat berjalannya proses belajar mengajar yang dilakukan. Fasilitas itu sebagai wadah salah satu penunjang proses belajar mengajar dalam suatu pendidikan. Kemudian penyiapan dan pelatihan tenaga. Penyiapan dan pelatihan tenaga pendidikan itu sangat penting karena bisa mempengaruhi seberapa tingkat pemahaman pendidik tentang pengetahuan mereka. Dengan ini saya akan mengarahkan mereka dengan memberi pelatihan pelatihan kusus mengenai tata cara penggunaan komputer dengan baik.
    Sehubungan dengan materi yang saya ambil yakni "hubungan antara perangkat keras sengan perangkat lunak komputer" saya akan memberi pengarahan mana yang disebut perangkat keras dan mana yang disebut perangkat lunak komputer. Yang disebut perangkat keras komputer yakni processor, hard disk, monitor, RAM, keyboard, mouse, printer,sound card, scanner, pyoyektor LCD, modem, speaker, card reader, microphone, dan sebagainya. Sedangkan perangkat lunak komputer berupa google crome, mozila firefox, microsoft office word, microsoft office powerpoint, microsoft excel, photoshop, opera mini, cleaner, internet explorer, hotspot.
    Nah disitu dapat disimpulkan bahwa hubungan antara perangkat keras dengan perangkat lunak komputer itu saling berkaitan satu sama lain. Jadi seorang tenaga pendidik harus mengetahui hubungan antara keduanya. Seorang tenaga pendidik harus faham betul cara menggunakan komputer dengan baik itu bagaimana, supaya bisa mempermudah suatu pekerjaan yang akan dikerjakan. Misalnya bagian sekertris membuat data absensi siswa itu menggunakan alpikasi yang mana, untuk mencatat data data yang ada itu dimana, dan sebagainya.
    Saya sebagai kepala sekolah harus bisa mengarahkan pada bawahan yang ada supaya bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Dan juga membimbing mereka supaya menjadi tenaga pendidik yang profesional dan berkualitas. Serta tenaga pendidik bisa menyalurkan ilmunya pada siswa mengenai komputer. Bahkan siswa bisa belajar menggunakan komputer yang sudah disediakan oleh lembaga pendidikan tersebut.

    BalasHapus

Konsep Pendidikan Anak

Konsep Pendidikan Anak Assalamualikum Wr. Wb.    Hallo gaes kembali lagi dengan saya, disini saya akan sedikit menjelaskan tentang ko...